Kepustakaan Populer Gramedia
by on July 2, 2020
268 views

Kalau sudah gede, kamu mau jadi apa?” Pertanyaan ini sering sekali kita dengar saat kita kecil dan mungkin juga sering kita lontarkan kepada anak kecil di sekitar kita.

Jawaban untuk pertanyaan itu biasanya tak jauh dari berbagai profesi, seperti dokter, guru, pilot, polisi, dan masih banyak lagi. Menariknya, jawaban kita dulu dan jawaban anak-anak sekarang bisa jadi berbeda. Dulu cita-cita menjadi YouTuber tentu tidak terucap. Sekarang kita sudah tidak heran lagi jika ada anak menjawab cita-citanya adalah YouTuber.

Tema pertama Semesta Anak untuk tiga minggu ke depan adalah cita-cita. Selama tiga minggu ini Semesta Anak akan membahas buku-buku tentang cita-cita dan profesi.

Banyak hal yang bisa anak dapatkan ketika kita membahas tentang cita-cita dan profesi dengan anak. Mulai dari mengenalkan profesi orang-orang yang ada di sekitar kita, bercerita tentang cara hidup yang berbeda-beda, berkisah tentang peran setiap pekerjaan, sampai menyampaikan pesan bahwa semua pekerjaan itu penting dan berharga.

 

Pengenalan Profesi

  

Profesi sangat bermacam-macam dan bisa dikenalkan dengan banyak cara, misalnya melalui seri board book Cita-citaku: Aku Ingin Menjadi. Pada seri buku ini ada delapan profesi yang dibahas dalam empat buku. Ada profesi pilot, astronot, pemadam kebakaran, polisi, dokter, insinyur, atlet, dan seniman.

 

Sambil bermain dengan buku aktivitas match & learn, anak bisa mencocokkan gambar orang-orang dalam berbagai profesi. Aktivitas ini melatih anak mengenali ciri profesi tertentu, misalnya dokter identik dengan stetoskop dan jas putih. 

  

Seri board book Pekerjaan Impianku tak hanya mengenalkan profesi dalam satu bahasa, melainkan tiga bahasa sekaligus, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin. Board book bergambar tersebut juga mengenalkan peralatan-peralatan yang dipakai oleh setiap profesi.

 

Minat & Cita-cita Anak

Dari mengenalkan berbagai profesi, kita bisa menelaah minat anak. Ya, setiap profesi besar sekali kaitannya dengan minat dan kemampuan kita. Seorang komposer, misalnya, akan sulit menciptakan lagu jika tidak memiliki minat di bidang musik. Dari minat, tumbuhlah semangat untuk mengasah kemampuan dan kecerdasan di bidang tersebut.

Howard Gardner, seorang psikolog Amerika, mengenalkan sembilan jenis tipe kecerdasan, yaitu kecerdasan bahasa, matematis, visual, musikal, kinestetik, lingkungan, interpersonal, intrapersonal, sampai eksistensial. Setiap anak memiliki semua jenis kecerdasan tersebut, tetapi pasti ada satu atau dua yang menonjol. Kecerdasan yang menonjol itu biasanya lebih diminati anak dan bisa jadi akan sesuai dengan profesi yang kelak dipilihnya. 

 

Setiap buku dalam Seri Balita Cerdas mengupas satu jenis kecerdasan. Seri cerita berilustrasi yang nantinya akan terdiri dari 9 buku ini diharapkan membekali orangtua untuk mengenali potensi kecerdasan anaknya dan mengasah potensi tersebut. 

 

Satu hal yang pasti, apa pun profesi yang nantinya dipilih anak untuk menjadi cita-citanya tentu membutuhkan cara berpikir cerdas yang kritis dan sistematis. Dengan cerita berilustrasi, Seri Berpikir Cerdas mengajak anak-anak mengenal hubungan sebab-akibat dan menggelitik rasa ingin tahu anak dengan buku Aku Suka Mencari Tahu. Seri ini juga dilengkapi buku aktivitas mewarnai yang dilengkapi pertanyaan-pertanyaan yang bisa menjadi sumber interaksi orangtua dan anak.

Seri buku yang kami sebutkan pada artikel ini akan dibahas dalam bentuk video book review dan read aloud. Selamat menjelajah Semesta Anak dan selamat menjelajah minat dan cita-cita anak Anda. :blush:

Posted in: Esai
Like (4)
Loading...
Love (2)
Loading...
6