siapabilang.com
by on July 26, 2022
70 views

JAKARTA, 21 Juli 2022Seribu Kisah; Sebuah Kasih” merupakan buku kumpulan cerita hasil kurasi ‘Menjadi Manusia’, berisi ragam kisah tentang ikatan cinta antar manusia. Buku ini, memiliki 150 kisah kasih dan masing-masing kisah tidak lebih dari 150 kata.

Proyek yang dimulai sejak Agustus 2021 ini, mengumpulkan kisah kasih dari para ‘Teman Manusia’—sebutan bagi komunitas ‘Menjadi Manusia’. Tim ‘Menjadi Manusia’ percaya bahwa setiap orang punya kisah cinta yang unik, sehingga akan menarik untuk mengumpulkan berbagai cerita, baik yang sedih, lucu, unik, patah hati, ataupun bahagia.

Hasilnya, ratusan kisah terkumpul. Kemudian, proses kurasi dilaksanakan dan dipimpin oleh Adam A. Abednego, co-founder ‘Menjadi Manusia’. Setelah memilih 150 kisah, tulisan-tulisan tersebut disunting agar memiliki mood tulisan yang sama untuk dimasukkan ke dalam buku, dan tentunya tetap menjaga agar  tidak lebih dari 150 kata. Alasan pembatasan jumlah kata ini adalah karena rentang perhatian manusia terhadap bacaan semakin sedikit. Maka ‘Menjadi Manusia’ mencoba untuk mengemas cerita yang singkat, namun tetap hangat, sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang.

“… Lumayan dilema karena ada lebih dari 600 cerita yang masuk, dan masing-masing cerita punya makna tersendiri bagi penulisnya …”, sebut Adam ketika menjelaskan proses kurasinya.

“Butuh sekitar 6 bulan buat memilih 150 cerita yang masuk ke dalam buku.”, ujar Adam.

Dalam 150 kisah ini, terdapat empat kisah yang ditulis oleh guest writer yang seringkali berkolaborasi dengan ‘Menjadi Manusia’ dalam pembuatan konten. Keempat guest writer tersebut adalah; musisi Rayhan Noor, Tristan Juliano S., dan Feby Putri, serta content creator Ian Hugen.

“… Ini pengalaman pertama aku menulis untuk buku, aku biasanya nulis lirik. Temanya juga cinta, sementara untuk lagu pun aku nggak pernah bikin yang tentang cinta. Ternyata susah juga, ya. Tapi berkat menulis untuk buku ini, aku jadi latihan juga untuk bikin lagu cinta …”, ungkap Feby Putri tentang pengalamannya menjadi salah satu guest writer pada buku Seribu Kisah; Sebuah Kasih.

“Seribu Kisah; Sebuah Kasih” diterbitkan oleh Penerbit POP, imprint KPG (Kepustakaan Populer Gramedia). Buku ini telah rilis di semua toko buku offline dan juga e-commerce pada Rabu, 13 Juli 2022, dan resmi melaksanakan book launch pada Sabtu, 23 Juli 2022 yang dihadiri oleh para Teman Manusia yang ikut berbagi cerita.

“… Semoga dengan berbagai macam kisah cinta yang ada di buku Seribu Kisah; Sebuah Kasih ini dapat membuat para membaca memahami ragam cerita cinta manusia dan juga mewakili perasaan mereka yang memiliki cerita serupa …”, tutur Adam.

Posted in: Press Release
Be the first person to like this.