Description



Sinopsis

Praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKKN) sudah berurat-berakar dalam birokrasi Indonesia. Karena itulah, setelah rezim Orde Baru tumbang, muncul harapan besar pada segenap birokrat untuk menciptakan pemerintahan yang jujur dan bersih. Namun, keadaan seolah tak kunjung membaik setelah reformasi berjalan hampir 20 tahun. Sejak 2004 hingga pertengahan 2017, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menjerat 670 koruptor. Dari jumlah tersebut, 60 orang merupakan wali kota/bupati dan wakil serta 18 orang gubernur. Ironisnya, banyak pula koruptor yang berasal dari kalangan anggota DPR/DPRD (134 orang) dan hakim (15 orang).

Empat tokoh dalam Empat Pengawal Uang Rakyat ini bak oase di tengah keadaan yang memprihatinkan tersebut. Basuki Tjahaja Purnama, Yoyok Riyo Sudibyo, Nur Pamudji, dan Tri Rismaharini dinilai telah mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat pada kaum birokrat. Integritas mereka sebagai pemimpin yang bersih patut menjadi teladan. Maka tak berlebihan jika mereka dianugerahi Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA).

Empat Pengawal Uang Rakyat tidak hanya menampilkan pencapaian keempat tokoh tersebut. Disajikan pula latar belakang yang telah membentuk karakter mereka, ganasnya politik yang mengancam kehidupan pribadi, dan segala macam kontroversi yang dihadapi.

Spesifikasi Produk

Penulis: Ahmad Arif dan Farida Indriastuti
Editor: Candra
Kategori: Nonfiksi, Biografi
Terbit: 27 November 2017
Harga: Rp 50.000
Tebal: 262 halaman
Ukuran: 135 mm x 200 mm
Sampul: Softcover
ISBN: 9786024247065
ID KPG:
Usia: 15+
Bahasa: Indonesia
Penerbit: KPG

Dapatkan buku cetak di:
Gramedia.com


E-book
Gramedia Digital

Buku Terkait

 

 

 

 

 

#EmpatPengawalUangRakyat #AhmadArif #FaridaIndriastuti #Nonfiksi #Biografi #PenerbitKPG