Sorgum: Benih Leluhur untuk Masa Depan
411 views
Pangan merupakan kebutuhan paling asasi yang menentukan kelangsungan hidup dan kesehatan manusia. Dalam jangka panjang, kekurangan pangan dan nutrisi akan melahirkan generasi yang lemah, kurang cerdas, dan tidak produktif.
Bagaimana dengan Indonesia? Kasus gizi buruk dan bencana kesehatan di Asmat, Papua, yang menewaskan 71 anak pada awal 2018 jadi alarm adanya masalah pangan di Indonesia. Apalagi, penyediaan pangan ke depan, terutama beras, senantiasa menghadapi tantangan perubahan iklim yang dampaknya makin dirasakan petani.
Ironisnya, Indonesia memiliki potensi 5.529 jenis tanaman pangan. Namun, hanya 100 sumber karbohidrat, 100 jenis kacang-kacangan, 250 sayuran, dan 400 buah-buahan yang dimanfaatkan. Salah satunya sorgum, sumber karbohidrat yang kaya gizi, yang memiliki jejak kultural dan sejarah panjang. Di tangan ahli kuliner, sorgum bisa menjadi makanan lezat bergizi.
Buku “Sorgum: Benih Leluhur untuk Masa Depan”, yang bisa dibeli secara online sejak 19 Mei di Gramedia.com, mengajak kita mengenali salah satu potensi pangan lokal kita untuk masa depan.
Akankah Indonesia bakal terkena krisis pangan di masa pandemi Covid-19? Bisakah sorgum menjadi alternatif beras?
Tepat di Hari Keanekaragaman Hayati Dunia, 22 Mei, KPG dan Kehati mengajak Anda bergabung dalam perbincangan menarik tentang ketahanan pangan kita dan sorgum di Webinar. Pendaftaran ke http://bit.ly/zoom-BukaBukuSorgum. Acara ini ini gratis dan untuk umum.
#EventKPG #Webinar #PeluncuranBuku #BukuSorgum #AhmadArif #YayasanKehati #Nonfiksi #SeriPanganNusantara #PenerbitKPG
Dimension: 1080 x 1080
File Size: 185.42 Kb
Like (2)
Loading...
2