Melalui Kuasa Uang: Politik Uang Dalam Pemilu Pasca-Orde Baru, Burhanuddin Muhtadi menunjukkan bahwa perubahan sistem pemilu dari proporsional tertutup menjadi proporsional terbuka memiliki dampak besar terhadap semakin maraknya transaksi jual-beli suara di Indonesia.
Dalam sistem proporsional terbuka, calon legislatif (caleg) masing-masing partai harus bersaing dengan caleg dari partai peserta pemilu lainnya, sekaligus bertarung dengan sesama caleg dari partainya sendiri di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Untuk dapat memenangkan pertarungan, kandidat tidak harus menang dengan selisih yang jauh dari pesaing terdekatnya. Kandidat tersebut cukup menang dengan selisih suara yang tipis.
Situasi ini menyebabkan politik uang menjadi sebuah pilihan yang menggiurkan bagi peserta pemilu. Meskipun strategi politik uang bukan merupakan yang paling efisien, praktik jual-beli suara ini cukup efektif untuk mengamankan selisih suara si kandidat dengan lawan politik terdekatnya, terutama caleg dari partai yang sama.
Peresensi: Yoes C. Kenawas
https://kompas.id/baca/buku/2020/07/26/ketika-politik-uang-menjadi-new-normal/
#ResensiBukuKPG #KuasaUang #BurhanuddinMuhtadi #Nonfiksi #Politik #PenerbitKPG
Dimension: 1280 x 1119
File Size: 212.92 Kb
Be the first person to like this.