Kepustakaan Populer Gramedia
on November 20, 2020
265 views
Oleh: @mamluatul_bariroh
Bibibi adalah jenis makhluk halus yang terkenal luas di daerah saya, Madura. Ia menghantui anak kecil di senja hari saat Magrib tiba. Orangtua biasa menakut-nakuti anaknya yang enggan mengaji ke musalla dengan Bibibi. Seorang kakek usia 70 tahun bercerita kepada saya tentang teman sepermainannya yang pernah disekap hantu tersebut.
Kejadiannya sudah 60 tahun silam, saat listrik belum ada dan rumah penduduk masih jarang dan sangat sederhana. Saat itu, teman kakek itu, sebutlah Fulan, hendak buang hajat. Senja sudah tiba. Ditemani sang ibu, Fulan berangkat ke tegal belakang rumahnya.
Saat sedang buang hajat, malam mulai gelap. Ibunya bilang akan pulang sebentar untuk menyalakan lampu teplok. Tak lama kemudian, ibunya datang. Saat pulang, Fulan merasa aneh. Dia mendaki jalan tanjakan beberapa kali padahal rumahnya dekat dan hanya melewati satu kali jalan menurun.
Saat sampai di rumah, dia merasakan keanehan pula. Rumahnya baru dihias warna-warni. Megah. Dia bertanya-tanya kapan ibunya menghias rumahnya tersebut. Ibunya juga menyediakan makanan istimewa, yaitu nasi putih dan daging sapi, kuliner mewah zaman itu. Dia tidak sadar bahwa yang disampingnya bukan ibunya, tapi Bibibi yang menyaru ibunya.
Ibunya yang asli kebingungan di rumah. Dia segera minta tolong warga untuk mencari Fulan. Gembreng, seng, penggorengan, kentongan dibawa masyarakat berkeliling desa dan ditabuh bertalu-talu sambil menyebut nama Fulan.
Fulan mendengar suara tabuhan itu. Dia juga mendengar namanya disebut-sebut. Tapi hantu yang menyerupai ibunya itu bilang bahwa itu suara hantu yang sedang mencari anak kecil. Dia melarang Fulan untuk menyahut agar tidak diculik. Siang malam selama tiga hari masyarakat mencari Fulan. Gagal.
Keajaiban terjadi saat Fulan hendak makan. Dia teringat pesan guru ngajinya bahwa sebelum makan harus baca bismillah. Selesai membaca doa itu, segalanya berubah. Ibunya menghilang. Rumahnya berubah jadi gua. Hiasan warna-warni menjadi rumbai dedaunan bidara. Sedangkan nasi putih dan ikan sapi yang hendak dia makan berubah tanah dan batu. Seketika dia terkejut dan berteriak sejadi-jadinya.
https://www.instagram.com/p/CHadSSng5K1/?utm_source=ig_web_copy_link
#SayamberaKisahHororNusantara #MalamUjiNyali #KomikHororNusantara
Dimension: 383 x 290
File Size: 16.96 Kb
Be the first person to like this.