Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan
219 views
Ahmet Kuru, sarjana asal Turki yang kini mengajar di Amerika Serikat mengajukan kembali pertanyaan klasik Shakib Arslan. "Mengapa kaum Muslim terbelakang dan bangsa-bangsa lainnya maju?"
Sebelum memberikan jawabannya sendiri, dia mengulas jawaban-jawaban yang pernah ada selama ini, termasuk jawaban yang diberikan oleh Arslan. Menurutnya, seluruh jawaban terhadap pertanyaan mengapa kaum Muslim terbelakang, bisa diringkas menjadi dua: Pertama, sebab utama kemunduran kaum Muslim adalah agama Islam itu sendiri. Islam tidak cocok buat kemajuan. Kuru menyebut kelompok ini sebagai "kaum esensialis," yakni orang yang menganggap Islam sebagai sesuatu yang tetap dan tak bisa berubah. Kedua, sebab utama kemunduran kaum Muslim adalah kolonialisme. Biang kerok keterbelakangan negara-negara Muslim adalah penjajahan bangsa Eropa. Penjajahan mewarisi kemandekan, kebodohan, dan kemiskinan.
Menurut Kuru, kedua penjelasan itu kurang meyakinkan. Pertama, karena jika Islam dianggap sebagai faktor yang menyebabkan keterbelakangan, bagaimana menjelaskan era keemasan Islam yang pernah terjadi pada abad ke-7 hingga abad ke-11? Kedua, kolonialisme juga tidak bisa disalahkan. Sebabnya jelas, beberapa abad sebelum kolonialisme datang, kaum Muslim sudah mengalami kemunduran.
Jadi apa penyebabnya?
Simak selengkapnya di buku "Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan" karya Ahmet T. Kuru.
Resensi oleh: Luthfi Assyaukanie
Dosen Hubungan Internasional, Universitas Paramadina, Jakarta.
http://jalankaji.net/files/sebab-utama-kemunduran-negara-negara-muslim.html
#ResensiBuku #ResensiBukuKPG #IslamOtoritarianismedanKetertinggalan #AhmetTKuru #Sejarah #SejarahIslam #AgamaIslam #PenerbitKPG
Dimension: 700 x 393
File Size: 153.56 Kb
Be the first person to like this.