Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan
227 views
Dalam kesarjanaan modern, terdapat beberapa teori yang diajukan untuk merunut akar kemunduran peradaban Islam. Teori paling masyhur menyebut pengabaian pelan-pelan terhadap filsafat dan mengentalnya ortodoksi keilmuan Islam sejak abad ke-11 merupakan pemicu paling bertanggung jawab terhadap pudarnya reputasi muslim di pentas dunia.
Teori tersebut selanjutnya dilengkapi dengan pengambinghitaman secara penuh terhadap figur Al Ghazali. Ini diperkuat oleh kepiawaian Al Ghazali dalam menyerang filsafat di samping pembelaannya yang gigih terhadap ortodoksi. Serangannya yang monumental terhadap filsafat diabadikan ke dalam Tahafut al-Falasifah, sedangkan seruan ke arah ortodoksi ditabalkan di dalam Ihya’ ‘Ulum al-Din.
Ahmet T. Kuru, penulis buku ini, mengemukakan keberatan terhadap teori tersebut. Lantas apa yang menjadi penyebab utama kemunduran peradaban Islam? Baca selengkapnya resensi buku "Islam, Otoritarianisme, dan Ketertinggalan" di sini:
https://www.jawapos.com/minggu/buku/16/05/2021/teori-baru-kemunduran-peradaban-islam/
#BeritaBuku #BeritaBukuKPG #IslamOtoritarianismeDanKetertinggalan #AhmetTKuru #nonfiksi #sejarah #humaniora #PenerbitKPG
Dimension: 640 x 480
File Size: 53.09 Kb
Be the first person to like this.