Sebelum dunia dihantam pandemi Covid-19, para murid (termasuk juga orangtuanya yang harus mengantarkan) bangun pagi dan bergelut dengan kepadatan jalan untuk sampai ke sekolah. Setelah pandemi, persoalan jarak tampak usai. Tantangan barunya adalah konektivitas. Untuk tetap bisa mengenyam pendidikan yang layak, setiap anak jadi harus punya telepon genggam yang memadai dan minimal laptop, serta yang tak kalah penting adalah jaringan internet.
Kondisi ini—mengingat sudah mau dua tahun kita membatasi aktivitas di sekitar rumah saja—mau tak mau membuat kita (pastinya juga pemerintah) harus berpikir tentang sistem pendidikan yang lebih pas untuk memeluk keterampilan dan kecerdasan yang dibutuhkan pada masa mendatang. Jadi perdebatannya hari ini bukan lagi bagaimana bersekolah setelah pandemi reda besok, tapi bagaimana menciptakan sekolah atau pendidikan masa depan, khususnya di Indonesia? Lalu apa saja keterampilan dan kecerdasan yang sebenarnya akan dibutuhkan di masa depan? Dan seberapa jauh masa depan yang hendak kita proyeksikan di sini?
Salah satu negara yang cukup siap menjawab kebutuhan pendidikan di masa depan adalah Finlandia, negara dengan predikat sistem pendidikan terbaik di dunia. Apa yang sudah disiapkan oleh pemerintah Finlandia untuk mengatasi tantangan edukasi yang mungkin muncul pada masa mendatang? Bagaimana Indonesia bisa belajar dari Finlandia dalam menerapkan sistem pengajaran terbaik bagi segenap warga negaranya?
Yuk, selengkapnya kita bahas "Sekolah Masa Depan ala Finlandia" bersama Ratih D. Adiputri, penulis buku "Sistem Pendidikan Finlandia" (KPG, 2019) yang juga dosen di Universitas Jyväskylä di Finlandia dan Adinto F. Susanto, editor buku "Teach Like Finland" (Grasindo, 2017) pada Selasa, 24 Agustus 2021 pukul 16.00 WIB.
Acara ini merupakan rangkaian kampanye #SahabatTanpaBatas inisiasi Kelompok Penerbit dan Retail Kompas Gramedia untuk menemani hari-hari Sobat SiBil di rumah saja. Pada kesempatan ini, kami berupaya menjadi #SahabatBelajar bagi Sobat SiBil yang sedang menjalani kegiatan belajar dan mengajar dari rumah saja (school from home). Diskusi disiarkan langsung di Instagram @penerbitkpg , @grasindo_id, dan @gramedia . Sampai bertemu.
https://www.instagram.com/p/CS5w8JGlRnl/?utm_source=ig_web_copy_link
#Event #EventKPG #SekolahMasaDepanalaFinlandia #SchoolFromHome #SistemPendidikanFinlandia #TeachLikeFinland #RatihDAdiputri #SahabatTanpaBatas #BersamaMenjagaNusa #PenerbitKPG
Dimension: 1280 x 1280
File Size: 303.88 Kb
Be the first person to like this.