Tahukah Anda, bahwa ada kemungkinan, ada banyak sekali dunia lain di luar sana? Lalu, apa relevansinya untuk kita?
Fisika memberikan pemahaman atas dunia. Berbagai temuan dan teori baru terus memperbarui pengetahuan sains dan mengubah gambaran dunia yang disajikan fisika. Fisika kuantum menghadirkan teka-teki di gambaran itu, dengan dualitas zarah-gelombang dan prinsip ketidakpastian—dari dunia klasik yang serba pasti ke dunia kuantum yang dianggap tanpa kepastian, segala sesuatu hanya diketahui peluangnya.
Namun fisika kuantum belum selesai. Tafsir Kopenhagen yang sekarang berlaku, dengan dualitas dan ketidakpastian, bukan kata pamungkas. Sejumlah ahli fisika lain mengusulkan: Bagaimana jika yang nyata itu bukan hanya satu kemungkinan, melainkan semuanya? Bagaimana jika segala kemungkinan bisa terjadi, di dunia-dunia yang tak terhitung banyaknya, dan terbentuk tiap kali terjadi peristiwa kuantum? Itulah yang dinyatakan Teori Banyak-Dunia, suatu tafsir alternatif yang berupaya mengembalikan kepastian dan kesederhanaan di fisika kuantum.
Ahli fisika teori Sean Carroll menjelaskan fisika kuantum tanpa membuatnya misterius dan sulit diterima akal dalam buku ini. Dia juga menunjukkan bagaimana paradigma yang beda dalam fisika kuantum berpengaruh ke cara kita berpikir mengenai alam semesta dan kepastian.
KPG mengundang Anda untuk mendiskusikan fisika kuantum dan Teori Banyak-Dunia dalam acara Buka Buku di Zoom: Yang Jauh Tersembunyi bersama ahli fisika kuantum Dr Sandoko Kosen, Budiman Sudjatmiko, dan Mary Silaban pada 15 Oktober 2021 pukul 19.00-21.00 WIB.
Pendaftaran: https://penerbitkpg.qrd.by/acarayjt
#Event #EventKPG #BukaBuku #BukaBukuKPG #YangJauhTersembunyi #SeanCarroll #Sains #BukuSains #SainsPopuler #SainsPopulerKPG #PenerbitKPG
Dimension: 1280 x 1280
File Size: 210.5 Kb
Be the first person to like this.