Description

 

Garin Nugroho, lahir pada 6 Juni 1961 di Yogyakarta. Lulus dari Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta dan Fakuktas Hukum Universitas Indonesia. Ia membuat film pendek mulai usia 20 tahun, lebih dari 70 penghargaan film diraihnya dari berbagai festival international dan nasional. Karyanya meluas dari film (film pendek, iklan, video musik, esai, dan dokumenter), teater, seni pertunjukan, hingga instalasi seni. Baru-baru ini, Garin juga menerbitkan buku kumpulan puisinya berjudul Adam, Hawa, dan Durian (KPG, 2021). 

Garin mendapatkan penghargaan peran budaya tertinggi dari berbagai negara: pemerintah Prancis (Ordre des Arts et des Lettres), pemerintah Italia (Stella d’Atelerie Cavalerie), presiden Indonesia, honorary award dari Singapura International Film Festival, lifetime achievement award dari Bangkok ASEAN Film Festival, walikota Roma, dan Yogyakarta.

Garin tercatat sebagai pelopor generasi film pasca-1990. Selain berkarya, ia menumbuhkan beragam festival film dan seni, menulis buku, kolom di harian Kompas dan Tempo, maupun menumbuhkan NGO untuk demokrasi.

Kini, ia masih aktif sebagai pengajar S2 dan S3 di ISI Surakarta dan Yogyakarta.

 

#PenulisKPG #GarinNugroho #AdamHawadanDurian