Description

 

Siapa yang tidak tahu Yuval Noah Harari? Sejarawan asal Israel ini terkenal berkat bukunya Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia yang membeberkan bagaimana Homo sapiens bisa menjadi makhluk paling berkuasa di muka Bumi saat ini. Sebelum buku itu terbit pada 2011 dalam bahasa Ibrani dan terjual lebih dari sepuluh juta eksemplar dengan terjemahan ke sedikitnya 20 bahasa, Yuval sehari-hari sibuk mengajar. Ia adalah professor sejarah di Universitas Ibrani Yerusalem. Gelar Ph. D sejarah diperolehnya dari Oxford University pada 2002.

Dalam salah satu wawancara dengan media di Inggris, Yuval mengungkap karyanya terinspirasi dari buku Jared Diamond, Guns, Germs, and Steel. Dia berterima kasih kepada Diamond karena telah memotivasinya untuk memperluas pandangan sebagai sejarawan, menyadarkan bahwa ia bisa mengemukakan pertanyaan terbesar tentang sejarah dan mencoba menjawabnya secara ilmiah.

Selain berkutat dengan masa lalu lewat Sapiens, Harari juga menuliskan gagasannya tentang masa depan manusia dalam Homo Deus, dan apa yang harus dilakukan manusia pada masa sekarang melalui buku ketiganya 21 Lessons for 21st Century. Trilogi yang membawa Harari keliling dunia untuk memberikan kuliah umum dan wawancara.

     
 

 

#YuvalNoahHarari #Sapiens #PenerbitKPG