Description


Sinopsis

Buku ini melakukan investigasi terhadap dampak politik uang terhadap akuntabilitas lembaga-lembaga demokrasi dan representasi kebijakan di negara-negara demokrasi baru. Untuk itu, buku ini menyajikan studi yang komprehensif mengenai dinamika jual-beli suara dalam konteks demokrasi yang baru tumbuh di Indonesia, dengan mengeksplorasi karakteristik, intensitas, determinan, strategi penargetan, dan efek elektoral politik uang.

Studi ini membahas isu-isu sentral tersebut dalam konteks studi perbandingan mengenai pembelian suara, dengan argumen bahwa meskipun loyalis partai cenderung menjadi target operasi pembelian suara, secara absolut—mengingat jumlah pemilih loyalis relatif kecil di Indonesia—insentif material itu justru jatuh ke tangan para pemilih mengambang.

Riset ini juga menunjukkan bahwa efektivitas politik uang terhadap pilihan suara ‘hanya’ dalam kisaran 10 persen. Meskipun tampak kecil, dalam konteks sistem proporsional terbuka, efek sebesar 10 persen tersebut lebih dari cukup bagi banyak calon mendapatkan kemenangan. Inilah yang menjelaskan mengapa politisi begitu antusias mengejar politik uang, meskipun tingkat kebocorannya sangat tinggi.

Analisis pembelian suara yang didedahkan Muhtadi di Indonesia pasca-reformasi ini adalah orisinil, mendalam, subtil, bernuansa, meyakinkan dan terorganisasi secara indah, serta ditulis secara memikat. Tak kalah pentingnya, resep kebijakan imajinatif yang ditawarkan buku ini akan banyak dibaca dan dikutip sebagai kontribusi signifikan terhadap literatur komparatif politik elektoral di dunia. —Prof. William Liddle, Ohio State University, USA

Buku ini menyajikan terobosan analisis yang menarik mengenai praktik jual-beli suara di Indonesia. Dengan menggunakan berbagai macam metode dan data yang menakjubkan, Muhtadi memaparkan mekanisme, pola dan efek elektoral politik uang secara jelas dan mengagumkan. Buku bertajuk Kuasa Uang ini adalah bacaan wajib bagi siapapun yang tertarik dengan politik Indonesia khususnya, dan politik komparatif tentang klientelisme pada umumnya. —Prof. Edward Aspinall, Australian National University, Australia.

Buku ini berisi rangkuman pertanyaan penelitian yang memikat, kontribusi teoretik baru yang memukau, karya empirik yang mengesankan, dan pemahaman yang mendalam dan bernuansa mengenai politik klientelisme di Indonesia. —Prof. Allen Hicken, University of Michigan, USA

Spesifikasi Produk

Penulis: Burhanuddin Muhtadi
Editor: Candra, Galang 
Kategori: Nonfiksi, Politik
Terbit: 15 Juni 2020
Harga: Rp 100.000
Tebal: 416 halaman
Ukuran: 140 mm x 210 mm
Sampul: Softcover
ISBN: 9786024814144
ISBN Digital: 9786024814137
ID KPG: 592001804
Usia: 15+
Bahasa: Indonesia
Penerbit: KPG


Dapatkan buku cetak di:
Gramedia.com

Gramedia Official Shop di Shopee Mall
WhatsApp Business KPG

E-book
Gramedia Digital


Buku Terkait

 

 

 

 

 

#KuasaUang #BurhanuddinMuhtadi #Nonfiksi #Politik #PenerbitKPG