Description

 

Sinopsis

“Pendidikan merupakan pintu peradaban dunia. Pintu tersebut tidak akan terbuka kecuali dengan satu kunci, yakni seorang atau sosok guru yang peduli dengan peradaban dunia.” —Ki Hajar Dewantara

PERKEMBANGAN pesat teknologi dunia mengharuskan manusia untuk menyesuaikan diri dan memiliki kemampuan berinovasi dalam menghadapi perubahan tersebut. Perkembangan teknologi sering kali juga menimbulkan berbagai persoalan yang semakin kompleks. Kecakapan untuk menyelesaikan persoalan menjadi hal penting yang harus dimiliki manusia. Oleh karena itu, siswa di sekolah harus diberi bekal guna menjadi orang yang memiliki kemampuan literasi dan berpikir kritis untuk memahami masalah, kemudian memecahkannya. Konsekuensinya, guru sebagai pengelola pembelajaran dituntut agar mampu mengembangkan berbagai kemampuan tersebut dalam pembelajarannya. 

Dalam konteks itulah guru tidak akan tergantikan dengan teknologi yang saat ini muncul. Dalam proses pembelajaran, guru tidak sekadar pemberi pengetahuan, karena yang lebih penting adalah menumbuhkembangkan kemampuan memahami masalah dan memecahkannya. Tugas guru juga mendidik siswa menjadi pribadi yang berkarakter dan mengembangkan pola pikir mereka, sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapi, dengan tetap memperhatikan norma kehidupan yang berlaku. 

Maka dari itu, kehadiran guru merupakan pilar yang sangat penting dalam pendidikan. Apa pun kebijakan yang dibuat maupun sarana-prasarana yang tersedia, pada akhirnya bergantung pada bagaimana guru mengimplementasikannya di sekolah. Peningkatan kualitas pendidikan harus diawali dengan peningkatan kualitas guru, salah satunya melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pertanyaannya, bagaimanakah model pendidikan S-1 dan PPG yang dapat menghasilkan calon guru yang baik? 

Dalam Program Pendidikan Profesi Guru, Tanoto Foundation bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Negeri Surabaya untuk melakukan inovasi pelaksanaan PPG agar lebih sesuai dengan kondisi sekolah dan tugas guru profesional ke depan.

Spesifikasi Produk

Penulis: Neni Mariana, Asri Widowati, Woro Sri Hastuti, Yunus Abidin, Faisal, et al.
Editor: Alpha
Editor Tamu: Muchlas Samani
Perancang Sampul & Isi: Boy Bayu Anggara & Grace Gabriella AP
Kategori: Nonfiksi, Pendidikan/Edukasi
Terbit: 6 Juli 2022
Harga: Rp 75.000
Tebal: 332 halaman
Ukuran: 140 mm x 210 mm
Sampul: Softcover
ISBN: 9786024818708
ISBN Digital: 9786024818715
ID KPG: 592202049
Usia: 15+
Bahasa: Indonesia
Penerbit: KPG

Dapatkan buku cetak di:
Gramedia.com
Gramedia Store
KPG Official Shop di Shopee Mall
Gramedia Official Shop di Shopee Mall
Gramedia Official Store di Tokopedia

Ebook
Gramedia Digital

Buku Terkait:


 

 

#PendidikanProfesiGuru #TanotoFoundation #Nonfiksi #Pendidikan #PenerbitKPG