Description

 

Sinopsis

Usia lanjut kerap dipandang dari dua sisi yang berlawanan. Di satu ujung, sebagian orang mengidealkan dan mengidentikkan lanjut usia dengan kebijaksanaan. Di ujung lain, lansia tak jarang dipandang sebagai orang menyebalkan yang terus saja mengeluh, meratapi lenyapnya masa muda.

Cicero tidak ingin terperangkap dalam dua pandangan itu. Sekalipun sering mengejek seniornya yang suka melantur dan bicara bertele -tele, dia juga menegaskan bahwa usia lanjut bukanlah penggalan hidup yang layak ditakuti, melainkan untuk dinikmati sepenuh -penuhnya karena bisa menjadi bagian hidup yang luar biasa. 

Buku ini menyarikan gagasan Cicero tentang hidup menua yang tertuang dalam risalah pendek karyanya, De Senectute. Risalah itu, yang dia ditulis ketika menginjak usia 60-an, membabarkan beberapa hal penting dalam hidup menua, terutama bahwa usia lanjut yang elok tidak dibangun menjelang usia pensiun, melainkan bermula pada usia muda. Keugaharian, kebijaksanaan, pemikiran jernih—semua yang menjadi penopang selagi orang menua—adalah kebiasaan yang harus dipelajari selagi muda. Pikiran, seperti otot, harus dilatih. Orang-orang muda yang serba murung tidak menjadi lebih bahagia seiring mereka menua.

Spesifikasi Produk

Penulis: Marcus Tullius Cicero
Penerjemah: Terjemahan dari bahasa Latin ke bahasa Inggris oleh Philip Freeman, bahasa Indonesia oleh  Y. D. Anugrahbayu
Editor: Christina M. Udiani
Penataletak & Perancang Sampul: Teguh Tri Erdyan
Kategori: NonfiksiFilsafat
Terbit: 28 September 2022
Harga: Rp 90.000
Tebal: 156 halaman
Ukuran: 110 mm x 165 mm
Sampul: Hardcover
ISBN: 9786024819064
ISBN Digital: 9786024819071
ID KPG: 592202068
Usia: 15+
Bahasa: Indonesia
Penerbit: KPG

Dapatkan buku cetak di:
Gramedia.com
Gramedia Store
KPG Official Shop di Shopee Mall
Gramedia Official Shop di Shopee Mall
Gramedia Official Store di Tokopedia

E-book
Gramedia Digital

Buku Terkait

 

 

 

#HowtoGrowOld #MarcusTulliusCicero #Nonfiksi #Filsafat #PenerbitKPG