Description

Transformasi digital sudah kian berkembang pesat dengan berbagai manfaat dan akibat buruknya. Sebagai dampak negatif, telah terjadi ketimpangan dalam hubungan antara media massa di Indonesia dan platform digital global. Banyak media massa nasional makin kehilangan kemandirian dan kekuatan untuk menjangkau masyarakat.

Media massa nasional harus memiliki strategi lain di luar kolaborasi dengan platform digital dalam mendistribusikan konten, meraih pendapatan, dan mengelola hubungan dengan pengguna. Selain itu, negara harus terus berpihak kepada pers nasional, dengan menciptakan regulasi yang mengatur iklim bisnis media yang sehat dan kompetitif. Platform digital global yang ada di tanah air harus didorong untuk lebih bertanggung jawab di depan hukum atas informasi dan proses komunikasi publik yang telah mereka fasilitasi serta manfaatkan.

Keberlanjutan bisnis media memiliki dampak langsung terhadap kualitas jurnalisme dan ruang publik suatu negara. Buku Media Massa Nasional Menghadapi Disrupsi Digital mengidentifikasi berbagai masalah dan langkah-langkah yang mesti diambil para penerbit, wartawan, asosiasi media, serta pemerintah untuk menghadapi keadaan-keadaan disruptif dalam konteks hubungan dengan para raksasa platform digital global.

Spesifikasi Produk
Penulis: Agus Sudibyo
Editor: Candra Gautama dan Galang Aji Putro
Perancang Sampul & Penataletak: Wendie Artswenda
Penerbitan Bersama: -
Kategori: Nonfiksi, Politik
Terbit: ...
Harga: ...
Tebal: 256 halaman
Ukuran: 15 mm x 23 mm
Sampul: Softcover
ISBN: ...
ISBN Digital: ...
ID KPG: ...
Usia: 15+
Bahasa: Indonesia
Penerbit: KPG

Buku Terkait

1. Jagat Digital 2. Dialektika Digital 3. Tarung Digital

 

#MediaMassaNasionalMenghadapiDisrupsiDigital #AgusSudibyo #Nonfiksi #Politik #PenerbitKPG