Description



Sinopsis

Luka Cinta Jakarta merupakan antalogi puisi tentang Jakarta yang ditulis sepanjang April hingga Agustus 2017. Di antara 100 puisi, ada “rekaman” yang bercerita mengenai gejolak kontestasi pemilihan umum, dalam hal ini adalah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Bagi penulis, kontestasi politik tersebut menjadi ajang yang paling brutal dalam sejarah pemilihan umum di Indonesia. Selebihnya, Luka Cinta Jakarta menampilkan nyanyian kemanusiaan dan kerinduan terhadap cinta. Antapologi puisi ini turut menampilkan karya visual berupa 100 ilustrasi yang diciptakan oleh 10 ilustrator dari Sanggar Garajas Bulungan.

“Yudhistira menunjukkan refleksi, perenungan, tanggapan, dan kritik tajam terhadap berbagai persoalan yang terjadi di Jakarta dan Indonesia secara puitis melalui Luka Cinta Jakarta. Namun, yang menarik sebenarnya, ia mengangkat berbagai persoalan universal yang bisa terjadi di berbagai daerah di Indonesia. “Jakarta” dalam puisi-puisi Yudhistira pada dasarnya bukanlah entitas kota yang semata-mata dikonstruksi secara geografis, tetapi juga metaforis. “Jakarta” dalam puisi-puisi Yudhistira menjadi semacam penggambaran dari habitus tempat bersemainya berbagai harapan, tantangan, dan persoalan.” -Yusri Fajar, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya.

“Saya mulanya menikmati sajak-sajak yang ditulis Mas Yudhis melalui status-status beliau di Facebook. Kata-kata yang dipilih adalah kata-kata yang indah dan mudah dicerna. Sajak-sajak dalam Luka Cinta Jakarta ini memperlihatkan kerisauan penyair terhadap situasi Jakarta dan Indonesia terkait dengan pemilihan umum, terlebih situasi sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta. Bagi saya, sajak-sajak di dalam antologi ini menjadi semacam teguran yang disampaikan dengan indah dan lembut.” - CSP Wekadigunawan, Dosen Fakultas Kedokteran Program S-2 dan S-3 Universitas Sebelas Maret Surakarta, Penikmat Sajak.

Spesifikasi Produk

Penulis: Yudhistira ANM Massardi
Editor: Udji
Kategori: Fiksi, Puisi
Terbit: 2 Oktober 2017
Harga: Rp85.000
Tebal: 320 halaman
Ukuran: 135 mm x 210 mm
Sampul: Softcover
ISBN: 9786024246884
ID KPG: 591701411
Usia: 15+
Bahasa: Indonesia
Penerbit: KPG


Dapatkan buku cetak di:
Gramedia.com
Gramedia Store
KPG Official Shop di Shopee Mall

Gramedia Official Shop di Shopee Mall
Gramedia Official Store di Tokopedia
Gramedia Official Store di Blibli
Gramedia Official Store di JD.ID

E-book
Gramedia Digital


Buku Terkait

 

 

 

 

#LukaCintaJakarta #YudhistiraANMMassardi #Fiksi #Puisi #Sastra #PenerbitKPG