siapabilang.com
by on July 11, 2022
107 views

Jakarta, 11 Juli 2022. Di usianya yang ke-5, novel Laut Bercerita, sudah cetak ulang yang ke-48. Karena itu, Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) mempersembahkan edisi hardcover kepada pembaca. 

Dalam waktu lima tahun, selain bertahan dalam deret buku terlaris (bestseller), novel ini juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh John H.McGlynn dan diterbitkan oleh Penguin Random House SEA (2020), dengan judul The Sea Speaks His Name. Pada tahun yang sama, novel ini memperoleh penghargaan sastra Asia Tenggara (SEA Write Award) 2020.

“Kami menganggap novel ini, yang mulai dua tahun belakangan ini penjualannya terus meningkat dan banyak diperbincangkan memang sudah waktunya diberikan kemasan yang baru dan menarik, serta dilengkapi dengan berbagai ilustrasi tokoh-tokohnya yang sudah dekat dengan hati pembaca,” demikian tutur Christina M. Udiani, Manajer Redaksi dan Produksi KPG tentang alasan penerbitan versi baru ini.

Perbedaan antara Laut Bercerita versi sampul lunak (paperback) dan sampul keras (hardcover) adalah: pertama, ilustrasi sampulnya yang langsung mendeskripsikan kekelaman di masa Orde baru. Ilustrasi ini dikerjakan oleh Yuyun Nurrachman yang selama ini dikenal sebagai ilustrator dan desainer majalah Tempo. Kedua, skidblad (schutblad) novel ini (karya Pawel Czerwinski dalam Unplash) juga sengaja dipilih warna dan motif yang mengantar pembaca kepada kisah kehidupan Biru Laut. Ketiga, novel hardcover ini juga dilengkapi dengan 10 ilustrasi hitam putih para tokoh penting di dalam novel: Biru Laut, Asmara Jati, Ratih Anjani, Alex Perazon, Sunu Dyantoro, Daniel Tumbuan, Sang Penyair, Naratama, Kasih Kinanti, dan Arifin Bramantyo. Sepuluh ilustrasi ini juga dijadikan kartupos berwarna yang akan menjadi bonus bagi mereka yang ikut PO (Prapesan) yang akan dimulai 18 Juli 2022 pukul 12.00 sampai 21 Juli 2022 atau selama persediaan masih ada. Untuk yang ketinggalan prapesan, buku bisa dibeli di toko buku Gramedia dan toko-toko buku lain mulai 17 Agustus 2022.

Perbedaan keempat adalah dalam edisi sampul tebal penulis novel ini memberi bonus sebuah ‘cerita tambahan’ berupa sepucuk surat dari salah satu tokoh kepada Biru Laut. Surat itu dimasukkan ke dalam amplop yang tertera di dalam novel dan hanya akan terdapat pada “Laut Bercerita” versi hardcover.

Peluncuran novel “Laut Bercerita” hardcover ini akan diselenggarakan secara daring (online) pada 30 Agustus 2022 pukul 19.00, yang bertepatan dengan hari Anti Penghilangan Paksa Internasional. Peluncuran novel akan dilanjutkan dengan nobar daring film pendek Laut Bercerita yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara dan diproduksi oleh Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Cineria Films. Film yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran novel Laut Bercerita pada tahun 2017 ini menampilkan pemain antara lain Reza Rahadian, Dian Sastrowardoyo, Ayushita Nugraha, Tio Pakusadewo, dan Aryani Willem.  Nobar pada 30 Agustus 2022 itu nanti dirangkai dengan diskusi bersama penulis Laut Bercerita” Leila S.Chudori, sutradara film Pritagita Arianegara, Produser  Wisnu Darmawan dan Gita Fara, serta aktivis 1998 Lilik HS.

Tiket nobar ini gratis dan tanggal registrasi untuk mendapatkannya akan diumumkan melalui akun Instagram @penerbitkpg, @leilachudori, dan @chudoricorner pada bulan Agustus.

Untuk media yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang peluncuran novel hardcover dan pemutaran film pendek tanggal 30 Agustus 2022 ini, bisa menghubungi:

Admin Penerbit KPG
WA: 0812 9508 1088 
Email: kpg.bookmania@gmail.com


Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), berdiri pada 1 Juni 1996, adalah salah satu penerbit di bawah Kelompok Ritel dan Penerbitan Gramedia. Dalam perkembangannya, KPG memiliki beberapa lini, yaitu POP dan IceCube untuk pembaca remaja dan dewasa muda, GAIA untuk ibu muda, Kiddo untuk anak-anak, dan Muara untuk pembaca Muslim, INDIGO PRESS untuk buku horor, serta inisiatif oleh Comma Books. Tidak hanya menerbitkan buku, kini KPG juga bergerak di bidang penerbitan konten.

Posted in: Press Release
Like (1)
Loading...
1