siapabilang.com
by on July 27, 2022
67 views

A Teen’s Guide to Self-Discovery adalah buku keenam dari idola remaja masa kini yaitu Adyla Rafa Naura Ayu atau yang lebih dikenal dengan nama Naura Ayu. Selain merilis lagu yang bertemakan remaja, buku ini dibuat oleh Naura sebagai salah satu rangkaian karya dari Naura yang membahas perihal masalah yang kerap dialami oleh kaum remaja termasuk Naura sendiri, seperti perubahan-perubahan dalam hal minat, pola berpikir, cara belajar, hubungan dengan orang tua, masalah pertemanan hingga masalah percintaan.

Selain itu, Naura juga mengajak para penggemarnya yaitu “Teman Naurauntuk mengajukan pertanyaan untuk Naura maupun curhat bareng/bercerita tentang masalah yang sedang mereka hadapi. Tidak disangka, ribuan direct message (DM) masuk ke akun Instagram @naura.ayu, yang dimana mereka banyak membahas mengenai kepercayaan diri, self-image, bullying, hingga soal kesedihan, ketakutan, dan kegagalan. 

Dengan banyaknya cerita maupun pertanyaan dari Teman Naura tersebut di atas, Naura bersama team management PT. Trinity Artist Management dan redaksi Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) melakukan seleksi dan merangkum menjadi beberapa topik pembahasan hingga menjadi 12 bab, yang terdiri dari:

Bab 1: Overthinking | Bab 2: Insecurities | Bab 3: Bullied | Bab 4: Helplessness | Bab 5: Self-Harm | Bab 6: Self-Management | Bab 7: Aspiration | Bab 8: Failure | 
Bab 9: Self-Acceptance | Bab 10: Family
 | Bab 11: Friendship |  Bab 12: Virtual Life

Di setiap bab di atas, Naura menulis jawaban dari berbagai pertanyaan Teman Naura berdasarkan pengalaman saat Naura menghadapi hal–hal yang ditanyakan, seperti: bagaimana cara Naura menghadapi haters di dunia maya, bagaimana saat rencananya tidak berhasil, serta bagaimana saat ia harus menghadapi banyak orang. Di luar dugaan, ada juga pertanyaan-pertanyaan sensitif, seperti self-harm yang dijawab Naura dengan sangat bijak. 

Penyanyi yang belum lama ini merilis single ketiga yang berjudul “Menikmati Sedih” ini berharap, Teman Naura yang sedang mengalami kesulitan akan termotivasi dengan kehadiran bukunya dan dirinya dapat menjadi salah satu support system mereka. Seperti yang Naura sendiri rasakan, selain keluarga dan sahabat, Teman Naura menjadi salah satu support system-nya saat menghadapi kesulitan dimasa remaja sekarang ini.

Buku ini juga dilengkapi dengan ulasan dari psikolog remaja yaitu Saskhya Aulia Prima yang juga memberikan masukan aktivitas-aktivitas dan tips untuk menghadapi situasi-situasi yang ditanyakan oleh Teman Naura, misalnya membuat jar of gratitude dan tips menghadapi overthinking.

“Pertanyaan-pertanyaan Teman Naura menunjukkan bahwa memang pada usia remaja ada begitu banyak perkembangan dan rintangan yang dihadapi, mulai dari insecurities sampai keresahan tentang mimpi dan cita-cita. Karena itu, selain support orang tua, remaja perlu punya role model positif yang inspiratif serta mendapat informasi yang tidak menyesatkan, seperti informasi dari para ahli, supaya keresahan-keresahan yang dialami bisa diubah menjadi sesuatu yang produktif dan mengembangkan diri mereka” ungkap Saskhya

Lebih jauh, Saskhya juga berharap lewat buku ini, teman-teman remaja pembaca buku bisa merasa ditemani dan didampingi dalam perjalanan mereka menghargai dan menyayangi diri sendiri.

Buku A Teen’s Guide to Self-Discovery ini diterbitkan oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), dan launching pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022. Dengan diselenggarakannya launching dan press conference yang dihadiri oleh media partner dari KPG dan Trinity, buku ini juga telah tersedia di semua toko buku offline dan juga e-commerce

“Aku harap buku terbaru aku ini bisa menginspirasi serta memotivasi Teman Naura dalam menemukan diri mereka dan menikmati hidup sebagai teenagers. Tentunya, secara positif, wise, dan kreatif” ujar Naura Ayu.

Penyanyi dan aktris yang berada di bawah naungan record label PT. Trinity Optima Production ini, juga telah merilis 5 buku sebelumnya, antara lain:

  1. Aku Naura (mega best-seller) (2017)
  2. Naura & Genk Juara The Movie (best seller) (2017)
  3. Naura & Genk Juara: The Adventure Begins (2017)
  4. Aku Naura: The Official Scrapbook (2018)
  5. Konser Dongeng Naura (2019)
Posted in: Press Release
Be the first person to like this.