Kepustakaan Populer Gramedia
by on March 10, 2023
139 views

JAKARTA, 10 Maret 2023 – Dalam rangka peluncuran novel Rasina karya Iksaka Banu, Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) mengadakan acara Peluncuran Buku Rasina pada 10 Maret 2023 di Bentara Budaya Jakarta.

Lewat buku Rasina, Iksaka Banu mengisahkan tentang Rasina, seorang budak bisu yang leluhurnya menjadi korban pembataian massal oleh Jan Pieterszoon Coen saat VOC berusaha memonopoli perdagangan pala di Banda pada 1621. Sebagai pelayan rumah tangga, Rasina mengalami berbagai cobaan yang membuatnya menjadi saksi hidup dari banyak hal yang tidak terduga dan tanpa disadari mengancam jiwanya dan juga membawa harapan baru.

Pengalaman Rasina ini akan mengajak pembaca untuk ikut menjadi saksi dari pengalamannya semasa masa kolonial Belanda. Pembaca akan tertarik ke zaman di mana setiap orang berusaha untuk tetap hidup di tengah penjajahan.

Bagi yang ingin ikut dalam acara Peluncuran Buku Rasina, pendaftaran dapat dilakukan lewat tautan berikut: penerbitkpg.qrd.by/rilisrasina.

Dalam peluncuran buku ini, peserta juga dapat menyaksikan pemutaran teaser dan theatrical reading “Rasina” oleh Rizal Iwan yang merupakan seorang pemain teater dan penulis novel anak “Creepy Case Club”. Rizal Iwan akan berperan sebagai Hendriek Cornelis Adam, juru tulis Letnan Nicolaes van Waert. Aziz Azthar atau dikenal dengan nama pena Jason Abdul yang merupakan penulis “Song of Will”, akan ikut berperan sebagai Joost Borstveld, Landdrost Ommelanden Timur. Selain itu, Angelina Enny yang berkolaborasi sajak dengan Robin Block dalam buku “In Between, Di Antara” akan berperan sebagai penerjemah Rasina, dan Dinda Suci Lestari yang akan berperan sebagai Rasina yang telah dibisukan.

Peserta juga dapat berjumpa dan berdialog langsung dengan penulis Iksaka Banu, melihat pameran dokumentasi, riset, dan proses kreatif bagaimana Iksaka Banu menciptakan Rasina.

Penawaran eksklusif berupa merchandise dan paket buku Rasina bisa didapatkan selama acara berlangsung. Peserta diharapkan dapat datang lebih awal agar tidak kehabisan promo menarik dan bisa menjelajah jajanan menarik di Bentara Budaya Jakarta yang bersamaan dengan salah satu kegiatan dari Kompas Gramedia bertajuk Palmerah Yuk!. Peserta juga dapat mengikuti acara bersama komunitas Baca Buku Sejarah Bareng dari pukul 13.00-16.00 WIB di Tenda Baca. Lalu ikut membaca buku dalam diam selama sejam mulai pukul 15.00 WIB bersama Baca Bareng Silent Book Club yang digawangi Hestia Istiviani, Duta Baca Jakarta 2023.

Buku Rasina kini telah tersedia di store Gramedia dan sudah dapat dipesan secara online melalui Gramedia.com, Gramedia Official Store di Tokopedia, serta Gramedia Official Shop dan KPG Official Shop di Shopee.

Posted in: Press Release
Be the first person to like this.