Kepustakaan Populer Gramedia
by on August 21, 2023
74 views

 

SIARAN PERS

NOMOR: HM.02.07/12/2023

Jakarta, 18 Agustus 2023

tentang

Pemanfaatan Arsip Statis Presiden Ir. Sukarno dalam Bincang Buku “Untuk Bung Karno dan Taman Siswa”

 

Jakarta - (18/8/2023), Dalam rangka optimalisasi fungsi pemanfaatan arsip statis Presiden Sukarno sebagai sumber pembelajaran dan penelitian, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan keluarga Irna H.N. Hadi Soewito dan Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia menyelenggarakan kegiatan Bincang Buku Untuk Bung Karno dan Taman Siswa: Biografi Irna HN Hadi Soewito pada 22 Agustus pukul 13.30 WIB di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan. 

Acara ini akan menghadirkan sejarawan dan penulis biografi, Irna H.N. Hadi Soewito sebagai narasumber dan akan dipandu oleh Peneliti Sejarah serta Penulis, FX Domini BB Hera. Bincang Buku ini juga akan dihadiri oleh Pelaksana Harian Kepala ANRI, Imam Gunarto, Dewan Pertimbangan Presiden Irjen Pol (Purn) Drs. Sidarto Danusubroto, S.H., Ketua Dewan Kehormatan Wirawati, Dr. BRA Moorjati Soedibyo S.S.M. Hum, peneliti, serta sejarawan. 

Kegiatan ini menjadi salah satu fungsi Pusat Studi Arsip Kepresidenan ANRI dalam pelaksanaan layanan dan pembelajaran arsip statis kepresidenan. Pengelolaan  informasi arsip statis kepresiden meliputi arsip perseorangan dan kebijakan publik pada masa pemerintahan presiden yang bersangkutan. Pusat Studi Arsip Kepresidenan yang berada di Jalan Gajah Mada no.111, Jakarta Barat ini terdapat pameran tetap arsip kepresidenan yang terbuka untuk umum.  

Sebagai informasi, dalam buku berjudul Untuk Bung Karno dan Taman Siswa: Biografi Irna HN Hadi Soewito yang ditulis oleh Eka Budianta, diceritakan tentang bagaimana keterkaitan Irna dengan Bung Karno dan sosok di balik Taman Siswa, Ki Hadjar Dewantara.

***

Posted in: Press Release
Be the first person to like this.