Kepustakaan Populer Gramedia
by on November 2, 2023
250 views

House of Piano bekerja sama dengan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) dan Gedung Kesenian Jakarta akan mengadakan acara peluncuran buku Iravati M Sudiarso: Empu Pianis Indonesia dan pembukaan pameran “Iravati M Sudiarso: Untuk Seni dan Negeri” di Steinway Gallery (Ruko Garden Shopping Arcade Unit 8CJ-CN, Podomoro City, Jalan Letjen S Parman Kav 28, Jakarta Barat) pada Sabtu, 4 November 2023, pukul 13:00-15:00 WIB.

Lebih dari enam dekade Iravati Mangunkusumo Sudiarso (1937—2023) mengasah perkembangan musik klasik di Indonesia, terutama piano. Ia hadir tidak saja sebagai pianis tapi juga pendidik. Sekolah Musik YPM (Yayasan Pendidikan Musik) menjadi tempat Iravati merealisasikan gagasan dan idealismenya dengan menempa dan menggembleng para muridnya menjadi pianis andal, mendidik mereka menjadi manusia seutuhnya. Berprofesi sebagai seorang pianis tidak lantas membuat lingkup perhatian dan aktivitasnya terbatas. Betul bahwa ia adalah seorang pemusik, tapi pikiran, kerja-kerja kreatif, dan visinya selalu ditempatkan dalam konteks kemanusiaan, kebangsaan, dan keindonesiaan. Iravati terlibat aktif mengembangkan kebudayaan melalui kiprahnya di Dewan Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Institut Kesenian Jakarta, dan Akademi Jakarta. Sepak terjangnya sebagai musisi sekaligus praktisi seni dan kebudayaan mengejawantahkan sosok Iravati sebagai tokoh perempuan pejuang yang tidak dapat dilepaskan dari perjalanan panjang kesenian di Indonesia.

Dalam rangka mengenang kehidupan sang empu pianis, sebuah rangkaian acara akan dipergelarkan dalam bentuk (1) pameran arsip dan kehidupan Iravati M Sudiarso, (2) peluncuran buku biografi Iravati M Sudiarso, (3) gala konser.


Peluncuran Buku Iravati M Sudiarso: Empu Pianis Indonesia
Pembukaan Pameran “Iravati M Sudiarso: Untuk Seni dan Negeri”

Sabtu, 4 November 2023
Steinway Gallery, Jakarta Barat
13:00-15:00 WIB Konferensi pers dan diskusi mengenai buku dan pameran (pers)
15:00-17:00 WIB Acara seremoni peluncuran buku dan pembukaan pameran (publik)

Pembicara
Agus Irkham, penulis
Aditya Setiadi, editor/musikolog
Avianti Armand, kurator pameran
Aisha Sudiarso Pletscher, keluarga
Anandita Sudiarso Moningka, keluarga
Airin Efferin, manajer komunitas House of Piano

Penampilan Spesial
Aisha Sudiarso Pletscher
Shanti Lasminingsih Poesposoetjipto
Marisa Sharon Hartanto

Pameran arsip dan dokumentasi kehidupan Iravati M Sudiarso akan berlangsung dari tanggal 4—20 November 2023 di Steinway Gallery, dibuka untuk publik setiap hari mulai dari pukul 10:00—18:00 WIB. Pada saat konferensi pers, para pembicara akan mendiskusikan rekam jejak Iravati M Sudiarso sebagai salah satu tokoh seni dan musik negeri ini, seperti mengapa sosok Iravati sedemikian signifikan dalam perkembangan dunia seni Indonesia? Bagaimana Iravati mampu menguasai “medan tempur” antara seniman dan represi rezim Soeharto di masa Orde Baru? Mengapa Iravati berkeyakinan bahwa pencapaian tertinggi seorang musisi adalah menjadi pribadi autentik dan berdikari yang dapat memanusiakan sesamanya? Mengapa proses penulisan buku dan editorial tidak sebatas pada menarasikan ulang kehidupan Iravati? Aspek apa saja yang menarik dalam pemetaan arsip serta dokumentasi kehidupan Iravati?

 


Gala Konser “Iravati M Sudiarso: Untuk Seni dan Negeri”
Rabu, 8 November 2023
Gedung Kesenian Jakarta
19:00 WIB

Penampil
Aisha Sudiarso Pletscher, piano
Shanti Poesposoetjipto, piano
Marisa Sharon Hartanto, piano
Adelaide Simbolon, piano
Ary Sutedja, piano
Levi Gunardi, piano
Harimada Kusuma, piano
Jonathan Wibowo, piano
Mario Santoso, piano
Ratna Arumasari Katamsi, piano
Teodore Ignatius Minaroy, piano
Weny Savitri Pandia, piano
Rani Puspita, piano
Genesia Yudrielonika, piano
Priska Budihardjo, piano
Aning Katamsi, soprano
Binu Sukaman, soprano
Marini Widyastari, flute

Pada gala konser ini serangkaian alumni murid-murid Iravati M Sudiarso akan menampilkan kaleidoskop karya-karya musik yang digubah dan didedikasikan khusus untuk sang empu pianis oleh para komposernya. Beberapa di antaranya mencakup Tre Pezzettini, Op. 42 (1958), karya komposer Belanda Léon Orthel, Srikandhy (1969) karya Dr Yazeed Djamin, Tembang Alit (1984) karya Jaya Suprana, hingga Luhur (2017) karya Dr Johannes Sebastian Nugroho. Konser terbuka untuk publik.

Untuk info dan reservasi, silakan hubungi:

  • Yayasan Pendidikan Musik +62 878 4321 1500
  • Steinway Indonesia +62878 0021 8800
  • Reservasi di laman: bit.ly/GalaIMS8Nov

 

Posted in: Press Release
Be the first person to like this.