Demokrasi di Indonesia: Dari Stagnasi ke Regresi?
288 views
Indonesia telah lama dipuji karena kemampuan transisi demokrasinya di tengah kemunduran demokrasi dunia. Tetapi ketika negara ini memasuki dekade ketiga demokrasi, pujian itu mulai tak relevan lagi. Stagnasi yang terjadi pada periode kedua SBY telah memberi jalan bagi pola regresi demokrasi yang lebih luas di bawah penggantinya, Jokowi.
Buku ini adalah studi komprehensif pertama tentang kemunduran demokrasi kontemporer Indonesia. Para kontributornya mengidentifikasi, menjelaskan, dan memperdebatkan tanda-tanda kemunduran, termasuk tindakan keras pemerintah yang sewenang-wenang terhadap kebebasan berbicara dan berkumpul, bangkitnya main hakim sendiri, sekaligus menciptakan suasana politik yang semakin terpolarisasi, populis, hingga terkikisnya checks and balances pada kekuasaan eksekutif. Mereka mempertanyakan, “Mengapa Indonesia yang selama ini dianggap sebagai mercusuar demokrasi yang baik, kini malah ikut menuju pola demokrasi dunia yang mundur?”
Ikuti diskusi selengkapnya di https://bit.ly/3qCFpV1.
#Event #EventKPG #BukaBuku #BukaBukuKPG #DiskusiBuku #DiskusiBukuKPG #DemokrasidiIndonesia #DemokrasidiIndonesiaDariStagnasikeRegresi #PublicVirtue #Politik #BukuPolitik #PenerbitKPG
Dimension: 1280 x 1280
File Size: 247.4 Kb
Be the first person to like this.